Senin, 25 Juli 2011

Tips Jika Mobil Mogok di Tengah Jalan

Entah mimpi apa semalam, di tengah kemacetan, tiba-tiba mobil Tamarra mogok. Mesin langsung mati dan tidak
bisa dinyalakan. Ketika mobil di depannya mulai melaju perlahan, klakson mobil di belakang mulai bersahutan. Wah kebayang gak sih kepanikan si cantik Tamarra “Alamaak gimana caranya saya dorong mobil ini? Mana kuaaaat ” keluhnya berulang-ulang sambil birnya sebentar-sebentar komat-kamit membaca doa pendek agar mesinnya menyala lagi.

Mungkin di antara kita pernah mengalami hal seperti ini. Hal yang terpenting adalah jangan panik, tetap berpikir jernih dan bersikap tenang. Nyalakan lampu hazard sebagai tanda sedang dalam kondisi darurat atau bermasalah. Untuk mengurangi panik, berusahalah memindahkan mobil ke tepi jalan untuk memeriksa masalah yang terjadi atau meminta bantuan teknis lebih lanjut dari bengkel, montir panggilan atau teman … Akan tetapi, inilah masalahnya… kita tidak kuat mendorong mobil sendirian.

Bagaimana caranya dong?
Berikut tip ringannya Ada dua kondisi mogok, yaitu:
1. Apabila mesin mobil mogok, tetapi kita masih bisa menyalakan Starter.
Pada kondisi seperti ini sebenarnya kita maslh cukup beruntung. Dengan asumsi accu dalam kondisi yang cukup balk, kita bisa memanfaatkan tenaga motor starter untuk mendorong mobil ke tepi jalan.

Caranya sebagai berikut:
1. Masukkan persneling ke gigi – 1
2. Jangan injak pedal kopling
3. Putar kunci kontak untuk menyalakan starter
Jangan kaget, mobil akan seperti melompat-lompat maju perlahan. Sembari mobil bergerak maju, arahkan kemudi agar mobil bergerak ke tepi jalan. Manfaatkan injak kopling jika mobil dapat meluncur sesaat setelah melakukan starter.
Cara ini juga efektif apabila mobil kita tiba-tiba mogok di perlintasan kereta api.

2. Apabila mesin mobil mogok dan kita sama sekali tidak bisa melakukan starter.
Pada kondisi hazard tetap menyala, simpan baik-baik barang berharga Anda, amati lingkungan sekitar, keluar dari mobil, jika perlu kunci segera mobil Anda, minta bantuan masyarakat sekitar untuk mendorong mobil ke pinggir dengan sikap yang ramah dan sopan. Apabila lingkungan sekitarnya sepi dan terasa kurang aman, gunakan handphone untuk meminta bantuan teman/bengkel/montir.
Setelah mobil berada di tepi jalan, lalu lintas kembali lancar. Kita pun tidak lagi panik karena suara klakson mobil atau motor lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

blogger templates | Make Money Online